Sejarah MikroTik

Sejarah MikroTik

MikroTik , kata itu sudah tidak asing lagi bagi para penggemar IT . mungkin teman teman yang belum mengetahui hal tersebut bertanya tanya , apa sih mikrotik itu ? bagaimana asal mulanya ? siapa yang menciptakannya ? . nah pada posting kali ini saya akan memposting tentang Sejarah MikroTik yang memang saat ini sudah sangat banyak di gunakan oleh para penduduk di dunia ini .
Oke kita langsung saja ....

Pada tahun 1996 John Trully dan Arnis Reikstins memulai dengan sistem Linux dan MS DOS yang dikombinasikan dengan teknologi Wireless LAN (W-LAN) Aeronet berkecepatan 2Mbps di Moldova. Barulah kemudian melayani lima pelanggannya di Latvia, karena ambisi mereka adalah membuat satu peranti lunak router yang handal dan disebarkan ke seluruh dunia. Prinsip dasar Mikrotik ini bukan untuk membuat Wireless ISP (WISP), melainkan membuat program router yang handal dan dapat dijalankan di seluruh dunia. Hingga kini, MikroTik telah melayani sekitar empat ratusan pelanggannya.
Linux yang mereka gunakan pertama kali adalah Kernel 2.2 yang dikembangkan secara bersama-sama dengan bantuan 5 - 15 orang staf R&D Mikrotik yang sekarang menguasai dunia routing di negara-negara berkembang.  Selain staf di lingkungan Mikrotik, menurut Arnis, mereka merekrut juga tenaga-tenaga lepas dan pihak ketiga yang dengan intensif mengembangkan Mikrotik secara maraton.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/MikroTik

Nah , letak Mikrotik sendiri berpusat di Riga, Latvia (Eropa Utara) mereka merupakan produsen software dan hardware router. Kelebihan mikrotik ini adalah menjadikan teknologi internet lebih murah, handal dan terjangkau luas. 
Hingga kini, hardware router yang di buat sangat banyak bahkan hingga beberapa versi. Aplikasi yang di gunakan juga tidak kalah banyak, salah satunya adalah winbox yang selalu di berikan pembaruan hingga kini pembaruan tersebut telah sampai ke V3. Fitur fiturnya juga tidak kalah banyak. Tetapi, jika kalian ingin mempelajari Mikrotik ini juga harus step by step / sesuai urutan, agar kalian tidak kesusahan ketika sedang menjalankan praktek. Jangan sampai ketika kalian mempelajari materi Mikrotik, kalian melompati hal yang tidak kalian bisa, jika tidak bisa praktekkan dahulu, jika memang sudah benar benar tidak bisa kalian baru bertanya, supaya kalian paham kesalahan kalian terletak di mana.

Semoga sedikit informasi ini bisa membantu pemahaman anda.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »