Menghubungkan PC/Laptop dengan Jaringan menggunakan RouterBoard (Mikrotik Offline)

Menghubungkan PC/Laptop dengan Jaringan menggunakan RouterBoard (Mikrotik Offline)

Kali ini saya akan membagikan hasil pembelajaran saya tentang bagaimana menghubungkan pc/laptop dengan jaringan menggunakan RouterBoard atau bisa disebut dengan MikroTik Offline.
Setting ini menggunakan : Sistem Operasi (saya menggunakan Linux Mint),  RouterBoard (saya menggunakan RouterBoard 951 2N) , Winbox ( saya menggunakan winbox v3), Terminal, Web Browser dan jangan lupa konektor (Kabel UTP).

Oke langsung saja, setelah kalian mengetahui alat dan bahannya kita masuk ke setting Mikrotik. Untuk mempermudah kamu, kamu harus tau urutannya seperti berikut :
a. System Identify
b. Wireless Config
c. IP Address Config
d. Gateway Config
e. DNS config
f. SrcNat Config

Langkah - langkahnya sebagai berikut :
1. Tancapkan salah satu sisi konektor ke PC atau Laptop anda dan satu sisi lagi ke RouterBoard, disini saya menggunakan ethernet 2.

2. Setting IP address PC/Laptop anda, caranya klik kanan icon ethernet anda lalu pilih Edit Connections => edit => ipv4 => masukkan IP kamu secara manual . Disini saya menggunakan ip = 192.168.24.2 , netmask = 255.255.255.0, gateway 192.168.24.1




3. Setelah selesai setting ip PC / Laptop kamu, masuk ke aplikasi winbox.exe. bisa juga masuknya melalui terminal.
 

 
4. Lalu setelah itu, untuk membedakan yang mana RouterBoard kita dan RouterBoard yang ada di daerah sekitar kita, kita edit melalui system => Identify. Ubah nama sesuai keinginan kalian.


5. Mari kita cek lagi, apakah ada perbedaan ??? caranya Shut Down Router kamu dan kembali masuk seperti step ke 3.
Ini hasil milik saya, nama router saya berubah menjadi nama yang sudah saya ketikkan tadi.


6. Jika sudah, kemudian kita beranjak ke menu interfaces, buat IP sesuai dengan topologi yang ingin kalian buat. Kalau saya menggunakan ether 1 sebagai WAN, ether2 sebagai ip lan 1 atau laptop 1 dan seterusnya seperti yang terlihat pada gambar


 7.  Lalu setting Ip address router yang sudah kamu buat dengan langkah pilih menu IP => Pilih addresses => pilih icon Plus (+) lalu buat IP untuk ether dan yang lainnya.



8.  Lalu kita beralih ke konfigurasi gateway . caranya pilih menu ip =>  pilih routes => klik icon plus (+) => kemudian pada gateway kita ganti ke wlan / Hotspot => klik ok.



9. Beralih ke setting DNS. caranya klik menu IP lalu pada listnya kita pilih DNS, nah konfig disini kita mengubah servernya dengan cara ketik IP DNS server milik google / yang lainnya. Masukkan IP DNS.


10. Kita masuk ke konfigurasi NAT dengan cara klik menu IP => pilih Firewall => klik icon (+) . pada general , Chain kalian isi dengan srcnat , Out Interfaces kalian isi wlan1. ke menu Action, pada menu ini kalian isi dengan masquerade => klik ok.





11. Kemudian kita cek , bisa melalui terminal PC ataupun terminal di winbox.
Saya menggunakan terminal pada winbox. Caranya ketik ping[spasi]ip yang sudah anda buat .
lihat hasilnya ... semoga berhasil ya :)


Nah itu tadi adalah langkah langkah mengkonfigurasi MikroTik offline. Semoga bermanfaat dan jangan menyerah untuk mencoba.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »