BONGKAR PASANG PC

BONGKAR PASANG PC


Hai kali ini saya akan memposting tentang bongkar pasang PC. kegiatan hari ini memang mengecek PC untuk di jadikan sebagai server. dari mulai bongkar, dibersihkan, hingga dipasang kembali. langsung saja lihat kegiatan kami hari ini :

Siapkan peralatan : Obeng, kuas, kertas/lambaran, jel (Pendingin Processor).

1. Pertama kita copot Casing PC. kemudian kita posisikan PC dalam posisi tidur.



2. yang kedua kita amati posisi komponen-komponen PC yang terpasang untuk menghindari salah penempatan untuk pemasangannya kembali. selanjutnya kita copot kabel-kabel yang terpasang satu persatu dan juga hati-hati.







3. Komponen yang kita cabut dulu dari Casing adalah Motherboard. copot skrup yang terpasang menggunaka obeng. setelah dicopot, kita copot pula komponen yang terpasang pada Motherboard seperti RAM dan Heatsink. Taruh Motherboard pada lambaran yang telah disiapkan.




4. Karena di PC saya tidak tersedia CD-Room, maka komponen selanjutnya yang kami copot adalah Harddisk.


5. Setelah itu, copot PowerSupply dari Casing.



6. Setelah semua komponen telah dicopot dari Casing, saatnya mempersihkan komponen-komponennya. Bersihkan menyeluruh menggunakkan kuas. pastikan semua komponen telah bersih. jika perlu tambahkan jel pendingin pada processor. khusus untuk RAM, kita bersihkan menggunakan penghapus pensil.







7. kemudian kita akan pasang Kompone-komponen itu kembali ke Casingnya. pertama kita pasang PowerSupply kemudian pasang Harddisk. pasang RAM dan Heatsink ke Motherboard pastikan memasangkan dengan benar. kemudian pasang Motherboard.






8. Pasang kembali kabel-kabel ke tempatnya semula. biasanya terdapat petunjuk pada motherboard sehingga pemasangan kabel tidak begitu rumit. tetapi jika kurang teliti, kerusakan  hardware bisa saja terjadi.




9. cek dahulu komponen sudah berfungsi dengan baik atau belum dengan cara menghubungkan Powersupply dengan arus listrik. Jika Fan/kipas pada Power Supply menyala, maka PowerSupply dalam keadaan hidup, kemudian kita tekan power pada tombol power. jika Fan/kipas/heatsink berputar/menyala maka komponen sudah menyala. kemudian jika terdengar suara BIB satu kali pendek, berarti komponen dalam keadaan normal. jadi jika berbunyi lebih dari satu kali atau satu kali panjang, maka terdapat kesalahan pada sebuah komponen.



10. setelah komponen bisa berfungsi dengan baik kita matikan dahulu arus listriknya. kemudian kita pasang kembali Casingnya.

Itulah langkah-langkah bongkar pasang PC. maaf jika saya tidak bisa menjelaskan secara terperinci, tetapi saya rasa langkah-langkah diatas sudah mencakup semuanya. jika ada pertanyaan yang masih kurang jelas pada postingan ini bisa komen dan beri saran kepada saya. terima kasih telah berkunjung.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »