Menghubungkan PC ke Internet dengan konfigurasi Mikrotik menggunakan Winbox

Menghubungkan PC ke Internet dengan konfigurasi Mikrotik menggunakan Winbox

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang langkah langkah menghubungkan PC atau Laptop kamu menggunakan RouterBoard yang disebut sebagai "Konfigurasi Mikrotik". Lalu apa saja alat alat yang kita butuhkan ??
1. PC / Laptop
2. RouterBoard
3. Kabel LAN tipe straight untuk menghubungkan PC ke RouterBoard
4. Software Aplikasi Winbox
6. Kabel LAN yang dapat terhubung ke jaringan
Lengkapi dulu peralatan di atas, baru kalian mencoba ....
1. Hubungkan peralatan sesuai pada tempatnya. Hubungkan laptop dengan RouterBoard menggunakan Kabel Lan tipe straight (di ethernet 2 ya ), ethernet 1 digunakan untuk menghubungkan sumber jaringan ke RouterBoard.
2. Setelah semua siap, maka hal yang harus kamu lakukan adalah mengkonfigurasikan IP address yang mash satu network dengan Mikrotik yang secara default dari perusahaannya di beri IP 192.168.88.1. Nah, jadi ip yang kita gunakan adalah selain IP default tadi, yaitu 192.168.88.1 namun masih 1 network ya. Saya menggunakan ip 192.168.88.2/24. langkah langkah mengkonfigurasi ipnya masih sama kok dengan post saya sebelumnya yang tentang MikroTik.


3. Buka aplikasi WinBox, saya menjalankannya lewat Terminal.




NB : Jika MAC Address kamu belum keluar, maka Klik Refresh pada menu Neighbors, jika belum cek apakah PC kamu sudah terhubung ke PC/laptop kamu. biasanya ada kesalahan konfigurasi IP .

4. Nah, agar kamu tidak bingung, kita mengubah nama Router kamu terlebih dahulu . Caranya masuk ke system, lalu pilih Identify , ganti nama Router kamu sesuai dengan yang ingin kamu gunakan.


Maka secara langsung nama Router kamu yang tadinya MikroTik, secara langsung akan berbah menjadi nama yang kamu inginkan.


5. Sekarang kita beralih ke konfigurasi pada interfacesnya. Untuk mempermudah penggunaannya kamu beri comment pada ethernet sesuai dengan Topologi yang sudah kamu buat.


6. konfigurasikan IP Address pada WinBox kamu, menunya di IP lalu pilih Addresses.




7. Kemudian masuk ke menu DNS, masukkan IP Google, saya menggunakan 8.8.8.8


8. Lalu kita masuk ke menu Routes, pada menu gateway kalian isikan ip yang terhubung ke jaringan , wlan 1 kalian ganti dengan 192.168.13.1 (IP yang sudah kalian konfig untuk terhubung ke jaringan.


9. Nah sekarang kita masuk ke pengaturan NAT . Chain = srcnat => Out.Interfaces = ether1 => Action = masquerade.


10. Sekarang kita PING , dapat melalui New Terminal ataupun Terminal pada PC .



Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »