Fungsi DNS

Fungsi DNS

Peta Domain

Kali ini saya akan menjelaskan tentang Fungsi dari DNS sebenarnya:

- DNS ini tidak memiliki Otoritas . artinya dia tidak memiliki kewenangan untuk mendapatkan domain.  misal anda membuat ns asnuldwi.web.id .  ns yang dibuat oleh asnul.web.id ini dia memiliki tanggung jawab untuk subdomain di bawah asnul.web.id artinya asnul.web.id hanya punya otoritas untuk yang domain di bawah ns.id sehingga server server  tsb hanya akan menjawab terhadap nama domain web.id , tidak ada hubungannya dengan .com atau yang lainnya.

- sebagai DNS cache. di sebut juga sebagai dns resolver artinya server DNS jenis ini hanya akan meneruskan permintaan dengan server yang lain sesuai dengan otoritas. misal anda mengarah ke server telkom , dns ini terbukti sebagai dns otoritas, jadi kita harus install Program resolver dulu. Program resolver yang dimaksud adalah web browser dan mail client. Jadi untuk terhubung ke server DNS, kita perlu menginstall web browser atau mail client pada komputer kita.. kita bisa memasukkan dns kita misalnya di network connections kita mengisi address, Netmask, Gateway dan DNS . kenapa saya mengisikan ip yang saya mau ?? karena saya menyamakan dengan settingan mikrotik yang telah saya buat.

sekarang terdapat kebijakan 1 dns nasional, apabila kamu menggunakn dns yang bukan .id atau dengan ip indonesia, maka anda tidak dapat menggunakan dns tersebut.

Semoga bermanfaat ~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »