Gelombang Radio

Gelombang Radio

Setelah kemarin kita membahas tentang Teknologi Jaringan Nirkabel kali ini kita akan sedikit mengulas tentang gelombang radio. Mari kita ulas bersama..


1. Frekuensi dan Panjang Gelombang
  • Frekuensi
    Secara umum, frekuensi putaran ulang per peristiwa dalam satu satuan waktu yang diberikan. Sedangkan secara fisika, banyaknya getaran gelombang yang terjadi dalam waktu satu detik.
  • Panjang Gelombang
    Yaitu, jarak yang di tempuh gelombang yang terjadi dalam satu satuan waktu.
2. Modulasi
     Yaitu proses perubahan (varying) suatu gelombang periodik sehingga menjadikan suatu sinyal mampu membawa suatu informasi. Dapat disimpulkan bahwa yang membawa suatu informasi adalah sinyal. Dengan proses modulasi ini suatu informasi (biasanya berfrekuensi rrendah) bisa dimasukkan kedalam suatu gelombang pembawa, biasanya berupa gelombang sinus berfrekuensi tinggi.

Berikut ini ada tiga parameter kunci pada suatu gelombang sinusiuodal yaitu :
1. Amplitudo
2. Sinyal
3. Frekuensi
Ketiga parameter di atas dapat di modifikasi sesuai dengan sinyal informasi ( berfrekuensi rendah ) untuk membentuk sinyal yang termodulasi.

Modulasi ada 2, yaitu :
a. Modulasi Analog
b. Modulasi Digital

3. Modulasi Analog
      Merupakan respon atas informasi sinyal analog.
Teknik yang digunakan :
- Angle Modulation
   * Modulasi Fase (phase modulation - PM)
   * Modulasi Frekuensi ( Frekuency Modulation - FM )
- Modulasi Amplitude ( Amplitude Modululation - AM )
   * Double - Sideband supressed - carrier transmission ( DSB - SC)
   * Double - Sideband modulation with unsupunsuppressed carrier (used on the radio AM band )
   * Double - Sideband reduced carrier transmission ( DSB - RC )
   * Single - Sideband modulation (SSB, or SSB - AM) very similiar to single - sideband suppressed carrier modulation ( SSB - SC)
   * Vestigial - Sideband modulation ( VSB, or VSB - AM )
   * Quadrature amplitude modulation (QAM)
4. Modulasi Digital
   - Merupakan proses penumpangan sinyal digital ( bit - stream ) ke dalam sinyal - carrier.Modulasi digital sebetulnyaadalah proses mengubah-ubah karakteristik dan sifat gelombang pembawa (carrier) sedemikian rupa sehingga bentuk hasilnya (modulated carrier) memiliki ciri-ciri dari bit-bit (0 atau 1) yang dikandungnya. Berartidenganmengamati modulated carriernya, kita bias mengetahui urutan bitnya disertai clock (timing, sinkronisasi). Pada dasarnya dikenal 3 prinsip atau system modulasi digital yaitu: ASK, FSK, dan PSK.

ASK
Amplitude Shift Keying Amplitude Shift Keying (ASK) atau pengiriman sinyal berdasarkan pergeseran amplitude, merupakan suatu metoda modulasi dengan mengubah-ubah amplitude. Keuntungan yang diperoleh dari metode ini adalah bit per baud (kecepatan digital) lebih besar. Sedangkan kesulitannya adalah dalam menentukan level acuan yang dimilikinya, yaknisetiapsinyal yang diteruskan melalui saluran transmisi jarak jauh selalu dipengaruhi oleh redaman dan distorsi lainnya.

FSK
Frequency Shift Keying Frequency Shift Keying (FSK) atau pengiriman sinyal melalui penggeseran frekuensi. Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi yang memungkinkan gelombang modulasi menggeser frekuensi output gelombang pembawa. FSK juga tidak tergantung pada teknik on-off pemancar, seperti yang telah ditentukan sejak semula.

PSK
Phase Shift Keying Phase Shift Keying (PSK) atau pengiriman sinyal melalui pergeseran fase. Metoda ini merupakan suatu bentuk modulasi fase yang memungkinkan fungsi pemodulasi fase gelombang termodulasi di antara nilai-nilai diskrit yang telah ditetapkan sebelumnya.

Semoga bermanfaat~

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »