Setting DNS Server // Bind9

Setting DNS Server // Bind9

di posting sebelumnya saya membahas tentang DNS Server , kali ini saya akan membahas tentang setting dns.
oke, langsung saja

1. Buka Terminal (Ctrl+Alt+T)
2. Masuk ke server menggunakan ssh
3. install bind9 dengan perintah : apt-get install bind9


prosesnya seperti berikut ...


4. pindah ke direktori /etc/bind untuk mengkonfigurasikan file named.conf.local dengan perintah : cd /etc/bind


5. masuk ke file named.conf.local dengan perintah : nano named.conf.local


tambahkan perintah berikut ini :

zone "asnulblc.net" {
type master ;
file "/etc/bind/db.smksakti";
};
zone "21.11.10.in-addr.arpa" {
type master ;
file "/etc/bind/db.opensource" ;
};


6. copy db.forward dg perintah : cp db.local db.forward
NB : karena milik saya sudah saya ganti menjadi db.smksakti, jadi saya menggunakan perintah cp db.local db.smksakti


7. copy db.reverse dg perintah : cp db.127 db.reverse NB : karena milik saya sudah saya ganti menjadi db.opensource, jadi saya menggunakan perintah cp db.local db.opensource


8.kita konfigurasikan file db.smksakti, caranyaa kita ketikkan perintah nano db.smksakti


akan muncul laman seperti ini


 ubah menjadi seperti ini..


simpan dengan Ctrl+X+Y lalu enter

9. kita edit file db.opensource, caranya dengan mengetikkan perintah nano db.opensource


akan muncul laman seperti ini .


edit menjadi seperti ini ...


simpan dengan Ctrl+X+y lalu enter

10. restart server bind dengan perintah : /etc/init.d/bind9 restart


hasilnya seperti erikut ini...


11. masuk ke file resolv.conf dengan mengetikkan perintah : nao /etc/resolv.conf


edit menjadi seperti ini


12. lalu kita masuk ke file interfaces . dengan perintah : nano /etc/network/interfaces



silahkan isi seperti berikut dan ubah dns searchnya.


13. restart dengan perintah : /etc/init.d/networking restart


14. buka mikrotik winbox anda, dan tambahkan ip anda ke dalam DNS.


15. buka web browser anda, lalu ketikkan ip anda , bisa juga menggunakan DNS name anda.


Semoga Bermanfaat ~
#SalamOpenSource

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »